Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Wisata    Hiburan    Sepakbola    Kuliner    Film   
Home » » yuk lebih mengenal jawa tengah dan kesenia-kesenianyanya

yuk lebih mengenal jawa tengah dan kesenia-kesenianyanya

Posted by PRTMA_BLOG on Minggu, 22 November 2015

gambar di ambil dari sejarawan.com

Jawa tangah atau JATENG adalah propinsi yang terletak di tengah-tengah pulau jawa, berbatasan langsung dengan jawa barat dan jawa timur, dengan ibukota Semarang.
Jawa tengah memiliki potensi menjadi destinasi wisata yang tangguh dengan segala kekayaan alam, kebudayaan, kesenian serta keunikan yang tidak dapat di temukan di daerah lain. Kesenian_ jawa tengah mempunyai beragam kesenian yang senantias di jaga dan dilestarikan sebagai warisan budaya yang mencerminkan masyarakat jawa tengah.

Tari Rancak Denok
gambar di ambil dari carajuki.com

Tari Rancak Denok yang berasal dari Semarang merupakan sebuah seni tari yang terinspirasi oleh seni topeng. Sebagai sebuah hasil kreasi, tari Rancak Denok banyak mengambil ide dari berbagai jenis seni tari yang menggunakan topeng sebagai propertinya, seperti halnya tari Betawi dan Jawa Barat. Dalam tari tersebut juga memasukkan unsur Jawa dan Tiongkok sebagai ruh dalam tarian.


Tari Serimpi Sangupati
gambar di ambil dari budaya-indonesia.org

Tari serimpi merupakan sebuah tarian sakral yang pada jaman dulu hanya dipentaskan oleh kalangan internal keraton. Kata serimpi sendiri merujuk pada makna impi atau mimpi. Sebagai tarian yang lahir dari kalangan Keraton Jawa, baik dari Keraton Surakarta maupun Keraton Yogyakarta.

Tari serimpi itu memiliki banyak jenis, salah satunya adalah tari serimpi sangupati. Tari serimpi ini pada awalnya diciptakan dengan nama tari serimpi sangapati, yang berasal dari gabungan kata sang dan apati yang secara harfiah dapat diartikan sebagai sang pengganti raja. Tari serimpi sangupati mempunyai makna yang sangat mendalam tentang nilai-nilai luhur dengan tujuan agar manusia bisa melawan dan mengendalikan hawa nafsunya sendiri.


Tari Rong Tek
gambar di ambil dari indonesiakaya.com

Nama tarian rong tek mungkin masih terdengar asing di telinga masyarakat Jawa Tengah. Tetapi jika ditelisik lebih jauh lagi, tari rong tek merupakan tari kreasi yang berakar dari tari lengger Banyumasan. Secara etimologi, nama rong tek berasal dari dua kata, yaitu “Rong” yang diambil dari suku pertama kata “ronggeng”, dalam bahasa Banyumas dapat diartikan sebagai lengger atau penari. Sementara, kata “tek” diambil dari suara kentongan bambu yang menjadi properti utama dalam pementasan.

Dalam tradisi masyarakat Banyumas, bambu bukan hanya sebatas tanaman. Tanaman dengan batang panjang ini juga mempunyai banyak peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Bambu yang masih muda bisa dijadikan sebagai bahan makanan, sementara bambu yang sudah tua bisa dijadikan berbagai macam kerajinan. Fungsi lain dari bambu adalah bisa bisa dijadikan sebagai alat musik dan juga alat komunikasi darurat dalam kegiatan ronda.


Sendratari Ramayana
gamar di ambil dari pegipegi.com

Sendratari Ramayana yang diadopsi dari cerita Ramayana karya Walmiki ini merupakan salah satu sendratari kolosal yang sangat terkenal di Pulau Jawa. Sendratari Ramayana awalnya diciptakan oleh seorang seniman asal Surakarta yang bernama Gusti Suryo Hamidjaja di era 60-an. Proyek awal penggarapan sendratari ini juga melibatkan Sardono Waluyo Kusumo dan didukung lebih dari 400 seniman yang berasal dari Solo dan Yogyakarta.

Pertunjukkan pertama sendratari ini dipertunjukan di dekat Candi Prambanan, karena candi tersebut merupakan salah satu candi Hindu terbesar di Indonesia. Di dalam kompleks Candi Prambanan, tepatnya di Candi Siwa, terpahat cerita Ramayana. Selain itu, sendratari ini pun dipentaskan saat bulan purnama karena ingin memanfaatkan terangnya cahaya bulan.


Ketoprak

gambar di ambil dari wikipedia

Sebagian orang berpendapat bahwa kesenian ini merupakan operanya orang Jawa. Ketoprak diperkirakan diciptakan pada awal abad ke-19 oleh seorang musisi Keraton Surakarta. Lahirnya kesenian ini juga dikaitkan dengan perjuangan rakyat terhadap para penjajah. Saat itu, masyarakat tidak diperbolehkan untuk berkumpul karena dicurigai akan melakukan perlawan. Oleh karena itu, dicarilah cara agar bisa berkumpul tanpa harus dibubarkan oleh para tentara penjajah.

Kesenian ini pun tumbuh dengan apa adanya. Cerita yang dibawakan merupakan cerita sehari-hari dengan permasalahan yang sehari-hari dialami masyarakat. Para pemainnya pun tidak memerlukan persyaratan khusus. Mereka hanya diberi tahu garis besar cerita, tanpa naskah. Karenanya, kemampuan berimprovisasi merupakan hal penting yang harus dimiliki seorang pemain ketoprak.
Seiring dengan perkembangannya, munculah beberapa istilah yang berkaitan dengan pertunjukan ketoprak ini. Pertama adalah ketoprak mataram, yang muncul di era 50-an. Munculnya istilah ini berawal dari disiarkannya pertunjukan ketoprak oleh RRI Yogyakarta.


Tari topeng lengger

gambar di ambil dari wisatadieng.com

Masyarakat Wonosobo mempunyai sebuah tarian yang dianggap sangat sakral. Tari tersebut adalah tari topeng lengger, tarian ini menceritakan kisah asmara antara Galuh Candra Kirana dan Panji Asmoro Bangun. Di mana, Galuh Candra Kirana merupakan seorang putri dari Prabu Lembu Ami Joyo yang merupakan seorang pemimpin Kerajaan Jenggolo Manik, sedangkan Panji Asmoro Bangun adalah putra dari Prabu Ami Luhur yang merupakan seorang pemimpin dari Kerajaan Cenggolo Puro. Dalam kisahnya, kedua kerajaan ini bermaksud ingin mempererat hubungan lewat pernikahan kedua anak mereka. Namun, pernikahan tersebut hampir saja gagal karena ulah dari Galuh Ajeng (anak Prabu Lembu Ami Joyo dari selirnya).


Batik

J.L.A Brandes, seorang filolog dan arkeolog berkebangsaan Belanda mengatakan, “jauh sebelum ada kata Indonesia, nusantara sudah mengenal 10 unsur kebudayaan, salah satunya adalah membatik”. Pendapat Brandes tersebut semakin diperkuat dengan ditemukannya panel sebuah motif pada Candi Prambanan dan Borobudur. Motif tersebut diyakini oleh para peneliti sejarah sebagai motif batik. Jika benar begitu, artinya kebudayaan membatik sudah ada sejak abad ke-8.


jawa tengah juga mempunyai beragam motif batik yang yang banyak di pengaruhi oleh keanekaraganan kesenian serta budaya seperti:

Batik Solo

gambar di ambil dari about.me

Ciri khas yang terdapat pada batik Solo adalah perpaduan dari bentuk-bentuk geometris yang berukuran kecil-kecil terletak dalam pewarnaannya. Ragam motif batik asal Solo memang dipengaruhi dengan makna-makna simbolis yang berasal dari kebudayaan Hindu. Beberapa ciri khas batik Solo banyak ditemukan pada motif-motif seperti, sawat, meru, naga, burung, dan modang.

Batik yogyakarta

 
gambar di ambil dari kriyalea.com

Ciri khas dari batik Yogyakarta adalah dari latar atau warna dasar kain. Warna dasar kain batik Jogja ada dua macam, yaitu warna putih dan hitam, sedangkan warna batik bisa berwarna putih, biru tua kehitaman, dan cokelat soga. Ragam motif batik Yogyakarta sangat banyak dan semuanya sangat indah, mulai dari motif bunga, tumbuhan air, tumbuhan menjalar, satwa, dan lain-lain.

Batik pekalongan

gambar di ambil dari sehatcantikblog.blogspot.com

Ciri khas batik Pekalongan adalah memiliki warna dan corak khas dan dimodifikasi dengan banyak variasi warna yang atraktif. Batik Pekalongan memiliki corak serta komposisi warna yang lebih kaya. Motifnya kebanyakan bernuansa Pesisir. Misalnya, motif bunga laut dan bintang laut.

Wayang kulit

gambar di ambil dari gamelan.org.nz

Wayang kulit diciptakan Raja Jayabaya dari Kerajaan Mamenang/Kediri sekitar abad ke-10. Raja berusaha menciptakan gambaran dari roh leluhurnya yang digoreskan di atas daun lontar. Bentuknya ditiru dari gambaran relief cerita Ramayana pada Candi Penataran di Blitar. Wayang kulit adalah seni tradisional Indonesia, yang terutama berkembang di Jawa dan di sebelah timur semenanjung Malaysia seperti di Kelantan dan Terengganu.

Gamelan


Sumber:
  • http://www.kidnesia.com/Kidnesia2014/Indonesiaku/Teropong-Daerah/Jawa-Tengah/Seni-Budaya/Wayang-Kulit
  • http://carajuki.com/macam-macam-kesenian-daerah-jawa-tengah/

SHARE :
CB Blogger

1 komentar:

Unknown 12 Oktober 2016 pukul 19.18

mantap gan.
Visit back Jafra Mud Mask

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 PRTMA_BLOG. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger