Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Wisata    Hiburan    Sepakbola    Kuliner    Film   
Home » » Dukung Cirebon Menuju smart city

Dukung Cirebon Menuju smart city

Posted by PRTMA_BLOG on Jumat, 06 November 2015



Dukung Cirebon Menuju smart city

Contoh Implementasi smart city menurut saya.

Dengan menggunakan aplikasi cerdas yang tertanam pada smartphone Smartfren 4G LTE dengan mudah rfq putra prtma menywea kamar di Anston Hotel Cirebon ,mencari rute terbaik untuk menghindari kemacetan.

Cirebon atau kota udang adalah kota yang termasuk dalam propinsi jawa barat, Kota yang terletak di pesisir pantai utara Jawa ini mempunyai peran penting dalam dalam perekonomian jawa dan menjadi jalur utama transportasi jawa tengah- jawa barat. Cirebon juga mempunyai tempat wisata yang tidak kalah dengan kota-kota di Indonesia lainya seperti wisata sejarah keraton  Cirebon, keraton kesepuhan Cirebon merupakan ikon dan symbol bagi kota yang berdiri pada tahun 1445 lalu. Sebagai salah satu kota besar dengan segala potensi dan peran yang di embannya, kota Cirebon kini akan melangkah menuju era smart city.

Smart city adalah konsep penataan kota cerdas dengan pemanfaat teknologi dengan tujuan untuk membantu masyarakat dalam memnafaatkan dan mengoptimalkan sumber daya alam secara efektif dan efisien, serta dapat menghapadi permasalahan yang akan datang dan berkelanjutan. Smart city menjadi impian banyak kota kota di seluruh dunia salah satunya kota Cirebon, Konsep kota pintar ini di gadang-gadang menjadi solusi pemasalahan-permasalahan yang ada di kota besar seperti masalah sampah, banjir, kemacetan, transportasi, kurang maksimalnya pelayanan public, pencemaran udara, kurangnya air bersih dan masih banyak lagi.

Untuk menuju Cirebon smart city tentu di perlukan perencanaan yang matang ,bertahap, terpadu  serta  dukungan dari semua pihak baik dukungan dari pemerintah , dukungan teknologi yang mumpuni, kebijakan, ekonomi atau keuangan, masyarakat, infrastuktur yang memadai, manajemen dan fakor-faktor pendukung lainya.

peran dari pemerintah kota Cirebon

Di kutip dari fajarnews.com/ Pasang 2000 CCTV, Pemkot Cirebon Wujudkan Smart City

Pemerintah kota Cirebon berkerja sama dengan perusahaan asal jepang yang beberapa lalu dimana perusahaan asal jepang itu bersedia memberikan bantuan dana hibah sedikitnya 2000 CCTV untuk dipasang di sudut-sudut Jalan Protokol Kota Cirebon

 

Dengan segala potensi yang di miliki kota Cirebon pemerintah daerah bisa memanfatkanya untuk menarik investor dengan melakukan kerja sama untuk mempercepat menuju smart city,  bekerja sama dengan semua pihak baik dari dalam maupun dari luar kota Cirebon seperti bekerja sama dengan universitas-universitas, sekolah tinggi, pihak swata. Mensosialsasikan smart city kepada masyarakat, melakukan studi banding ke kota-kota berlebel smart city, serta dukungan-dukungan lainya.

Peran Teknologi

Smart city adalah konsep kota cerdas yang yang memanfaatkan IT untuk mencapai tujuanya, atau dengan kata lain teknologi mempunyai peranan penting terciptanya smart city.

Dukungan teknologi yang dapat di lakukan meliputi: 

# Smart computing mengacu pada generasi baru hardware, software dan 

# jaringan teknologi yang menyediakan system IT yang real-time



peran Kebijakan

Dalam proses perpindahan menjadi smart city  memerlukan interaksi atau saling berhubungan komponen teknologi dengan politik dan kelembagaan. Komponen politik mewakili berbagai elemen dan tekanan eksternal, seperti kebijakan politik yang mungkin mempengaruhi ide dari pembuatan smart city.

Peran ekonomi

Dalam membangun smart city harus di dukung dengan pondasi ekonomi yang kuat karena, untuk membangun smart city tentu diperlukan dana yang tidak sedikit, seperti pembangunan infrastrukrur, pengadaan alat dan perangkat software.

Peran masyarakat

Masyarakat mempunyai peranan penting dalam tercipanya smart city, ada banyak hal yang dapat di lakukan masyarakat Cirebon dalam mensukseskan smart city seperti:


  • Menjaga, melestarikan lingkungan
  • Menghemat penggunaan air, listrik, kertas dan bahan-bahan yang tidak dapat di perbaharui semisal BBM
  • Saling berbagi informasi melalui sosmet, email, blog dan yang lainya seperti yang di lakukan komunitas blogger Cirebon 
  •  Menjaga warisan budaya Cirebon melalui kegiatan pentas budaya,
  • Penggunan internet secara positif, dll

Peran infrastuktur

Tanpa adanya infrastruktur yang benar dan baik harapan untuk mempunyai kota yang pintar hanyalah angan-angan belaka, seperti pembangunan jalan beraspal, tesedianya lisrtik, air, dan jaringan internet yang kuat, jangkauan luas dan setabil seperti Smartfren 4G LTE hingga keplosok daerah sehingga tidak menimbulkan kesenjangan sosial.


Secara garis besar smart city di bagi menjadi 6 dimensi
Smart Goverment ( Pemenrintahan Pintar) Smart Economy (Ekonomi Pintar ) Smart Live (Hidup pintar) Smart Living (Lingkungan pintar) Smart People (Orang/Masyarakat Pintar) Smart Mobility (Mobilitas pintar)

Untuk dapat melaksanakan semua dimensi di atas secara serentak tentu akan sulit di lakukan, pemerintah Cirebon bisa mengambil prioritas utama yang akan di dahulukan sebagai tanggapan nyata tentang permasalahan yang sedang terjadi seperti, kemacetan, sampah, keamanan, korupsi. Seperti yang telah saya sampaikan di atas “Untuk menuju Cirebon smart city tentu di perlukan perencanaan yang matang ,bertahap, terpadu “ Perencanaan, konsep, riset, prioritas dan tujuan yang jelas akan sangat berpengaruh dalam menjadikan Cirebon smart city.


 

 

 

 

 


SHARE :
CB Blogger

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 PRTMA_BLOG. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger